Sunset Tenang di Pantai Payangan

Sunday, September 18, 2016

Pantai Payangan adalah salah satu objek wisata alam yang berlokasi di Jember bagian selatan, tepatnya di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember. Wisata ini cukup mudah diakses. Kita cukup lurus ke arah selatan setelah lampu lalu lintas di perempatan Ambulu sampai ke Desa Sumberejo. Jika memasuki wilayah yang telah nampak atau terdengar suara lautnya, lurus hingga memasuki area parkir Dusun Payangan. 

Senja di Pantai Payangan
Karcis masuk wisata ini bisa dibilang gratis, hanya perlu membayar biaya parkir. Parkir mobil dan motor tersedia cukup banyak di sini, tidak perlu khawatir. Untuk sepeda motor saat artikel ini dibuat, masih Rp 5000,-. 

Untukmu yang ingin buang air kecil maupun buang air besar saat berwisata kemari tak perlu khawatir sebab telah tersedia toilet umum yang cukup memadai. Jika tak membawa bekal makanan pun, banyak warung tenda dan depot di sekitar pantai. 

Pantai Payangan ini cukup sepi saat hari kerja, senin sampai jumat. Itulah hari-hari yang pas untuk mengejar sunset di pantai ini. Menikmati indahnya warna jingga yang hangat sembari duduk di tepi pantai yang menghadap ke arah barat, atau duduk di bebatuan di bawah Bukit Domba. Dinamai Bukit Domba karena memang banyak domba yang berkeliaran bebas di sekitarnya.

di bawah Bukit Domba, Payangan


Pantai ini terbilang destinasi yang pas untuk menikmati detik-detik matahari tenggelam (sunset) kala senja. Selain aman untuk dicapai karena dekat dengan rumah penduduk, tempat kendaraan juga aman terparkir, dan letak pantai dan batu karang yang menghadap ke arah matahari tenggelam, tepatnya menghadap ke Pantai Papuma sehingga menjadikannya pas untuk disinggahi menikmati suasana senja.

Cukup tenang untuk menikmati tenggelamnya matahari sambil duduk di atas bebatuan. Jika kebetulan anda seorang pecinta buku atau musik, bisa lah membawa buku bacaan untuk dibaca sembari mendengar ombak di sini atau membawa gitar dan coba nyanyikan lagu Kemesraan-nya Iwan Fals. Sungguh syahdu menghilangkan penat. (Itu yang biasa saya lakukan di sini. Hehe..).

Menunggu matahari tenggelam di bebatuan Pantai Payangan


Jangan lupa mengabadikan sunset yang kita dapat dengan kamera, dan yang lebih penting jangan lupa mengabadikannya di memori otak kita. Karena di era teknologi yang makin terkini, banyaknya orang bisa terlalu fokus dengan hasil jepretan kameranya ketimbang apa yang sudah kita jepret sendiri dengan mata kita, lupa untuk merasakan momennya, menikmati sensasi angin, pendar cahaya senja, dan ombak yang menepi ke pasir dan menghantam karang dengan indahnya.

Sekian dan selamat berlibur ke manapun pilihan liburanmu.

Dan senja pun segera berlalu, Payangan

You Might Also Like

2 comments

  1. Wahhh... keren banget... jadi pengen ke sana deh

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini :)

Blogger Babes

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support

BP Network

Blogger Perempuan

Instagram

Subscribe