5 Hal yang Bisa Kita Temui di Atas Bukit Suroyo, Payangan, Jember

Sunday, October 02, 2016

Bukit Suroyo merupakan salah satu jajaran bukit yang berlokasi di tepian pantai di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Ambulu, Jember. Menariknya, dari bukit ini kita bisa menikmati beberapa pemandangan sekaligus. Laut, teluk, bukit di tengah laut, dan luasnya laut selatan sejauh mata memandang. Jalan mendaki bukit yang sudah mengalami perbaikan terus menerus semakin mendukung meningkatnya kunjungan wisata di sini.

Saat akan mulai mendaki Bukit Suroyo, mulailah mendaki ke kanan (ke arah barat) sehingga akan mengelilingi bukit dan melihat seluruh pemandangan sekitar bukit. Kenapa harus ke kanan dulu? Karena jalannya tidak terlalu menanjak dibandingkan jika kita naik melalui jalur sebelah kiri terlebih dahulu sehingga meminimalisir rasa lelah. Beberapa hal yang bisa kita temui sembari berjalan mendaki ke atas Bukit Suroyo ini di antaranya:

Bukit di Tengah Laut
Bukit ini berupa bukit kecil yang terletak tidak jauh dari Bukit Suroyo dan Bukit Samboja. Bukit ini menjadi pemandangan indah yang seakan diapit dan menjadi indah dengan adanya perahu yang sesekali lewat di laut antara kedua bukit. Belum ada akses dan pengembangan untuk Bukit tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan suatu ketika akan menjadi tujuan wisata juga dan bisa disinggahi para pengunjung pantai.


Pemandangan Bukit dari Bukit Suroyo


Lapang Pandang Laut Selatan
Setelah melewati pemandangan laut dan bukit di sebelah barat, terus lah mendaki atau jika sedikit lelah bisa beristirahat di gubuk-gubuk kecil yang disediakan pengelola wisata di sini. Jika membawa bekal, bisa sambil berpiknik di atas bukit sembari menikmati pemandangan laut. Setelah itu bergegas sesuai jalan yang ada akan kita temui tanah yang lumayan lapang dengan satu tiang bendera di sini. Menurut pengelola wisata, tempat ini bisa digunakan untuk camping bagi yang ingin bermalam di sini, tetapi dengan alat camping membawa sendiri.



Lapang pandang laut selatan dari bukit suroyo








3. Goa Jepang
Di Bukit Suroyo terdapat Goa Jepang, yang di dalamnya berisi kamar-kamar serta tempat pertemuan tentara Jepang dahulu. Jangan lupa untuk singgah ke mari saat berwisata ke Bukit Suroyo. Tempat ini aman dan tidak ada cerita-cerita mistis menurut pengelola. Bila anda datang sendirian ke mari, pengelola bisa mengantarkan sebagai pemandu anda untuk menikmati wisata ini.

goa 'ruang pertemuan' jepang


4. Nama Jalan Romantis
Beberapa jalan yang saya temui selama melewati tepian Bukit Suroyo tergolong romantis menurut saya. Ada Jalan Cinta, Jalan Para Kekasih, dan lain-lain. Mungkin ini menambah kesyahduan perjalanan anda untuk menuju destinasi selanjutnya dari rute ini, yaitu Teluk Love.

Jalan cinta


5. Teluk Love
Teluk Love ini menjadi ujung perjalanan di Bukit Suroyo. Teluk berbentuk hati yang terletak di sebelah timur bukit ini yang banyak menarik perhatian masyarakat dan ramai di media sosial.


Teluk Love
















Setelah puas menikmati Teluk Love, silakan turun dan menikmati es kelapa muda di bawah bukit. Wisata ini sudah difasilitasi musholla dan kamar mandi. Setiap harinya masih dilakukan pembangunan dengan memberi bambu-bambu pembatas di tepi-tepi bukit dan meningkatkan perbaikan fasilitas lainnya.

Bagaimana, tertarik kemari? Selamat berlibur...

You Might Also Like

4 comments

  1. Kayanya kalo sambil dikasih tau rute atau transportasi buat ke sana nya cukup membantu buat yg penasaran pingin ke sana mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ide yang bagus, Mas. Nanti akan saya update nih tulisannya. Makasih banget masukannya. Ayo ke Jember.

      Delete
  2. Bagusnya,, boleh nih masuk next trip list

    ReplyDelete
  3. Boleh banget, Kak 😊😊😊

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini :)

The Blogger Babes

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support

BP Network

Blogger Perempuan

Indonesian Female Bloggers

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Instagram

Subscribe