Si Danau 'Misterius' Ranu Grati

Thursday, January 25, 2018

Ibu saya pernah bercerita bahwa di danau ini banyak orang mati. Saat itu saya berusia 6 tahun. Tengah berkunjung ke rumah saudara dari saudara saya (ah, ya begitu lah), di daerah Grati, Pasuruan, yang di belakang rumahnya adalah danau. Danau Ranu Grati atau Ranu Klindungan ini. Saat itu begitu membekas di ingatan saya bahwa danau ini menakutkan, dan menyimpan misteri tentunya. Apa benar?

Danau Ranu Grati

Setelah berkian-kian tahun, saya ingin melihat kembali danau tersebut. Setelah main ke Pasuruan ke kawasan Bromo Tengger sebenernya saya ingin mampir dan melihat danau ini. Tapi apalah daya, karena saya saat itu pergi bersama teman jadinya tak flexibel waktunya.

Di balik kesempatan yang sempit beberapa waktu lalu, dari arah barat saya menggunakan rambu-rambu "Ranu Grati" di jalan besar Pasuruan sana. Syukurlah danau Ranu ini tidak jauh dari jalan besar, kira-kira 2 km masuk ke selatan. Kalau dari arah Probolinggo, belok kiri.

Sempat terlewat dan keluar rute kalau lihat google maps. Lalu balik lagi, lho kok keluar lagi. Lha ternyata danau itu sudah ada di samping jalan yang saya lewati, tetapi karena dibatasi dengan tepian yang tinggi dan saya bingung harus masuk ke wilayah danau lewat mana. Berhentilah saya di samping warung dan ada undak-undak untuk naik ke atas. Saya naik dan "wuaaaah" saya excited dengan danau yang pas di depan mata.

Saya duduk sebentar di bawah pohon sambil menikmati lelah karena motoran sendirian. Lalu memutuskan masuk dengan karcis yang murah banget, Rp 2.500,-. Tapi ya begitu, sayang danau ini kurang mendapat perhatian. Banyak sampah, dan bahkan di tengah danau beberapa gubuk tempat istirahat pencari ikan juga sudah ambruk.

tidak terawat

Saya masuk dan bertemu seorang bapak pemancing ikan di danau ini. Menurut beliau, memancing ikan di sini cukup bayar karcis masuk saja, mau dapat ikan berapa pun dapat dibawa pulang, tetapi kadang juga tidak dapat ikan. Anyway, ikan yang paling terkenal di sini namanya ikan Lempuk. Ikan ini lebih kecil dari ikan teri, khas danau ini.

Tempat duduk di pinggir Ranu Grati.

Tempat duduk di pinggir danau ini sepertinya nampak nyaman, tetapi sepi. Padahal sepertinya enak kalau bisa duduk santai atau sambil baca buku menikmati sore sukur-sukur bisa melihat sunset di sini. Daripada wisatawan-nya lebih banyak pemancing ikan-nya sepertinya. Haha..

Nah, bicara soal misteri di danau ini, saya ceritakan sedikit karena sekarang era gadget, buat apa kalau nggak untuk mencari tahu, ya kan. Dari cerita yang saya baca, jadi di danau ini memang memang menyimpan misteri.

Dahulu tepatnya 17 Oktober 1979, danau ini digunakan sebagai latihan TNI dengan tank amphibi. Dari 7 pasukan yang kembali hanya 6 pasukan. Dan pasukan yang hilang tersebut sampai saat ini masih meninggalkan cerita tragis, tetap tidak ditemukan walaupun dulu pernah dikerahkan pencarian bahkan didatangkan juga tim pencari dari luar. Namun tidak menemukan hasil. Konon kejadian tersebut adalah bentuk kemarahan dari penunggu danau, ular raksasa yang dikenal dengan Baru Klinting yang terusik.

Cerita-cerita yang menyebar pun juga menunjukkan kemungkinan-kemungkinan penyebab. Ada yang menyebutkan karena berat tank, kedalaman danau yang mengerucut karena danau ini terbentuk dari aktivitas vulkanik, hingga yang paling misterius adalah sang ular raksasa Baru Klinting yang meminta korban karena saat itu ia sedang mengadakan hajatan dengan Ratu Laut Selatan sehingga kegiatan para pasukan tersebut mengusik ketenangan danau.

Percaya atau tidak, bagi saya yang namanya alam memang memiliki ruh-nya sendiri.


I was here.
Berfoto memanfaatkan timer. Haha
Sebelum pulang, memanfaatkan baterai hape yang tinggal beberapa persen untuk berfoto. Sebelum akhirnya drop hapenya, kemudian drop motornya, tetapi alhamdulillah baru sampai rumah dan agak drop saya-nya. Hehe, tapi esoknya sudah semangat lagi, kok. 

Teman-teman pernah ke danau ini? Atau ada cerita pengalaman misterius di tempat wisata lain? 

You Might Also Like

4 comments

  1. Waah serem ceritanya kak, tapi bagus juga tempatnya kok.. saya senang baca blog nya, asik, jadi pengen jalan2.. smngt terus buat nulis kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou udah nyempetin mampir blog ini dan ninggalin komen ya kak. Bener agak serem, tapi bagus. Hwehe...

      Siapp!!

      Delete
  2. Danaunya cakep banget ya, keliatan adem gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, setuju Mbak. Bahkan saking ademnya, jadi sepi dan tenang sekali untuk para pemancing. hihihi

      Delete

Silakan tinggalkan jejak di sini :)

The Blogger Babes

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support

BP Network

Blogger Perempuan

Indonesian Female Bloggers

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Instagram

Subscribe