Monday, January 01, 2018

Memandang Teluk Melewati Gedung Bumi

Judul tulisan ini agak membingungkan, kah? Hihi.. Baik, maksud saya di sini adalah memandang keindahan teluk dengan melewati gedung bumi. Selengkapnya, yuk, simak dulu!

Jalan-jalan beberapa minggu lalu saya berkesempatan mengajak kawan saya yang dari luar kota untuk main ke deretan wisata pantai selatan mulai dari menyusuri eksotisnya Papuma (Pasir Putih Malikan), Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan, hingga ke Teluk Love yang memukau dengan mendaki bukit Suroyo. 

Beruntung saat itu kami bertemu Bapak Imam, pekerja perbaikan tempat wisata tersebut. Jadi semacam ada pemandu wisata bagi kami. Bapak Imam yang membawa papan-papan bertuliskan slogan-slogan alam untuk di letakkan di titik-titik tertentu di bukit tersebut.

Papan yang cukup berat, yang dibawa oleh Bapak Imam, dan akan diletakkan di titik tertentu di bukit ini. Pinjem dulu ya, Pak! Hehe

Unggahan kali ini adalah salah satu tempat yang ada di atas bukit Suroyo. Yap, Gedung Bumi. Jadi ini bukan sebuah gedung, hanya sebutan saja. Sebab dulu saat jaman penjajahan pernah digunakan sebagai tempat berlindung atau persembunyian saat perang. Gedung Bumi ini juga tepat di samping Goa Jepang yang juga ada di Bukit Suroyo. Jadi, bentuk dari Gedung Bumi itu sendiri berupa jalan yang kedua sisinya berupa tanah tinggi. Di situlah tempat yang digunakan untuk berlindung dari serangan.



Foto instagram di atas adalah foto tepat di atas Goa Jepang, dan di depan saya ada jalan agak menanjak dengan kedua sisinya adalah tanah tinggi, di situlah gedung bumi.

Sementara Goa Jepang di tempat tersebut dulu sebagai tempat bermusyawarah juga ada sebuah lubang yang mengarah ke luar, tepatnya ke teluk, yang digunakan untuk menyerang musuh di mana persenjataan diletakan di situ. Pada bagian dinding sisi selatan juga terdapat cerobong dan ruangan yang kini digunakan sebagai tempat istirahat sejenak oleh para pekerja tempat wisata tersebut. Nampaknya dari luar bukan hal besar, tetapi sungguh punya nilai historis tersendiri.

Nah, karena tempat wisata ini semakin hari semakin menunjukkan perbaikan dan terus dibangun, sekarang untuk melihat pemandangan teluk berbentuk hati yang kita kenal Teluk Love itu juga bisa melewati Gedung Bumi, sehingga nampak lebih lapang.

Tempat ini merupakan spot foto yang biasa digunakan wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang teluk.

Spot foto sebalah utara

Melewati Gedung Bumi, cukup lapang, dan teluk nampak lebih jelas dan pemandangan bebas.

Spot foto bagian selatan, melewati Gedung Bumi

Maaf karena tidak memotret langsung bagaimana penampakan dari Gedung Bumi tersebut, karena saat di sana sungguh nggak kepikiran, malah justru keasyikan foto di spot lain. Huhu... Begitu juga dengan Goa Jepangnya. Eh, tapi ada nih, foto dari luar goa.

Goa Jepang Bukit Suroyo

Bagi teman-teman yang berkesempatan main ke sana, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya, ya. Serta tidak mencoret-coret atau meng'ukir' pohon maupun dinding goa karena akan merusak keindahan dan jadi nampak kotor. Kalau bersih, adem, indah kan kita sendiri yang merasakan manfaatnya. Hwehehe...

Selamat tahun baru 2018 by the way :) Udah liburan ke mana saja, nih, tahun 2017 kemarin? 

Artikel Terkait

8 comments

awww... so cute banget >,<
anyway thank you infonya, buat referensi kedepan kalau mau jalan2 atau sekadar foto :D

Halo, Mba Lya 😊
Yup bener banget, main-main ya.

Bagus banget teluknya, saya sendiri sudah lama tidak pergi kepantai, dan terakhir sebelum nikah 5 tahun silam, hehehe
btw, dimana-mana kok sering banget yak, saya denger goa jepang..
rasanya dulu jepang sering bikin goa kali yak, pas jajah negara kita hahaha

Sudah banyak kesibukan ya Mbak? Hmm... Iya Mbak, teluknya bagus banget. Nah, setuju goa jepang rasanya ada di mana-mana. Yah, apa boleh buat jepang pernah menguasai negeri kita tercinta.

Wow, tjakep euy teluknya! Masukin wishlist dulu ah, siapa tahu kapan2 bisa halan2 ke sana :)

Aamiin... Semoga berkesempatan jalan-jalan ke mari ya Mba. Ditunggu 😆

Sebenarnya daya tarik dari pantai payangan bukanlah pantainya melainkan bukit yang berada di dekat pantai tersebut. Dari atas bukit tersebut kita bisa melihat keindahan lautan Hindia serta terdapat view menarik berbentuk Love yang terlihat dari atas dan sangat bagus bila digunakan sebagai spot foto.

Yup, betul sekali. Dan dari atas bukit tersebut pemandangannya uwow dan sangat indah pokoknya.

Silakan tinggalkan jejak di sini :)
EmoticonEmoticon