Memilih Kaos Nyaman untuk Travelling

Kalau bicara soal travelling, jalan-jalan, yang ada di pikiran kita pasti tentang sebuah tempat, ransel, kamera, dan apa lagi, ya? Outfit! Ya, jangan sepelekan soal outfit, kesuluruhan item pakaian, yang kita kenakan saat jalan-jalan tersebut.

jalan-jalan ke Gunung Ijen

Salah satu dari outfit yang wajib diperhatikan adalah atasan (baju atau kaos). Kalau untuk jalan-jalan, tentunya pilihan kita adalah yang nyaman, adem, dan tidak membikin gerah. Yup, pilihan saya jatuh pada kaos.

KENAPA KAOS? 
Barang bawaan sudah cukup membuat punggung dan pundak terasa pegal khususnya anak backpacker, dan jika pakai baju yang tidak menyerap keringat, selain gerah yang terjadi secara fisik, hal yang tidak nyaman itu akan mempengaruhi mood kita saat perjalanan. Yang tadinya bawaannya hanya barang, sekarang bawaannya ketambah emosi, hehe. Nggak asyik, bukan? Karena kaos menurut saya travel-able.

your t shirt your mood
by gifer

Kalau Anda sering bepergian dan bertemu warga asing, kebanyakan mereka memakai kaos. Simple, nyaman, dan bebas gerak. Apalagi negara kita bukan negara beriklim dingin seperti di negara mereka.

KAOS ANTI GERAH
Bagi yang sering melakukan perjalanan dengan naik kereta ekonomi macam saya. Selain memakan perjalanan lebih dari sepuluh jam yang pegalnya minta ampun, posisi duduk yang tegak dan berdempet-dempet di kelas ekonomi pun bisa sangat melelahkan. Mau tidur susah, mau ngobrol lelah, dan kalau tepat duduk di tengah-tengah, yang tak terhindarkan adalah gerah.

Tak hanya perjalanan jauh, jalan-jalan seperti naik gunung atau bukit pun akan banyak mengeluarkan keringat. Kalau salah pilih bahan pakaian yang kita kenakan, bisa-bisa keringat tidak terserap dengan baik dan akibatnya bisa masuk angin.

Iya, saya pernah mengalaminya. Setelah perjalanan naik turun bukit usai, saya jadi pusing dan mual karena masuk angin tadi. Nggak lagi deh salah pilih outfit. Niat gaya, tapi malah bahaya buat kesehatan.

Salah satu solusi bagi kita yang suka jalan-jalan dengan kondisi begitu adalah pintar-pintar pilih atasan yang bahannya pas. Kaos yang bahannya nyaman itu berbahan kain katun (cotton). Si Cotton ini pun secara umum ada dua macam: cotton combed dan cotton carded. Cuma biasanya soal harga lebih mahal jenis combed karena mengarah ke kualitas dan keawetan. Kaos bahan cotton combed ini lebih adem, kuat, tidak berbulu, dan tidak mudah robek. Pas sekali untuk jalan-jalan dan aktivitas yang banyak gerak. Bukan begitu?

KAOS SEBAGAI IDENTITAS
Seringkali kita melihat orang memakai kaos yang bertuliskan sesuatu yang berupa kata-kata menarik atau motif yang khas dari suatu daerah. Dengan menggunakan kaos khas, kita secara tidak langsung membawa unsur keunikan identitas kita, seperti kaos-kaos produksi Tapeast Lampung yang menampakkan karakteristik suatu daerah, Lampung.

by tapeast

Hal kecil yang tanpa kita sadari diperhatikan orang. Saya pribadi, kadang mengamati hal-hal menarik yang terdapat di kaos orang-orang. Biasanya tulisan lucu, gambar sindiran, motif etnik, dan lain-lain. Dan bagi saya, itu bagian dari identitas kita. Secara tidak langsung juga berkontribusi menyebarkan budaya daerah kita.

Jadi, jalan-jalan selanjutnya mau pakai outfit yang bagaimana? Sudah punya outfit yang unik, belum? 

20 comments :

  1. Liat gambar kaos itu jadi inget Lampung, dulu sering kesana dan pernah naik gajah di Way Kambas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal way kambas, saya ingat pelajaran ips waktu SD mas hehe soalnya belum pernah ke sana

      Delete
    2. Maaf harusnya disini ya hehehe

      Delete
  2. Dulu ortu pernah punya rumah di Bandar Lampung, coz almarhum bapak pernah tugas disana. Saya juga hampir jadi peternak ayam di Lampung tapi nggak jadi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata mas aris ada kisah di tanah bandar lampung ya mas. kalau dulu jadi peternak ayam, berapa ayam ya sekarang jadinya haha :D

      Delete
  3. saya suka pakai kaos katun combed, beli di factory outlet sisa2 ekspor.
    lumayan, enak dipakai tapi harga masih masuk budget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. budget is number one ya kak hehe

      Delete
  4. Kalau Aku suka pakai kemeja agar bisa buat ibadah tinggal ditambahkan jaket saja untuk menahan angin untuk outfit, tapi sesuai kondisi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, adem dengarnya mas rizki selalu mengutamakan hubungan dengan Tuhan :)

      Delete
  5. Kalau temen traveler saya sering traveling pakai tanktop/kaos mini, luarannya kemeja. Jadi satu kemeja ini bisa dipakai beberapa kali, kaos/tanktopnya yang diganti. Kerennya adalah tanktop/kaos mini itu tidak menghabiskan banyak tempat dalam backpack kan :D hehehe.

    Setuju sama kaos. Lagian traveling memang enakan pakai kaos ya, Jeng. Apalagi kaos komunitas gitu hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, menarik itu kak tuteh, bisa jadi referensi saya juga nanti kalau jalan-jalan bisa pakai outfit seperti temen kak tuteh. Ah saya baru kepikiran nih. Makasiiiiih sharingnya kak tuteh :D :*

      Delete
  6. Kalau aku sih yang penting nyaman dipakai aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, saya juga yg penting nyaman dipakai aja.

      Delete
    2. betul, hehe kalau nggak nyaman jadi nggak mood

      Delete
  7. benar, kaos bias multi-fungsi: menyerap keringat dan menyebarkan informasi diantaranya.

    thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, terima kasih kembali :)

      Delete
  8. Kaos hitam dan celana hitam, untuk saya pribadi pilihan alternatif yang paling saya suka de, cuma bahannya harus baik (adem dan tidak membuat gerah). Jadi soal kaos pasti warna hitam dan yang bahannya bagus, kira-kira seperti itu,

    soal motif dan identitas kedaerahan atau komunitas ya setuju dan sekarang sudah muncul banyak sekali orang-orang kreatif yang "menghadirkan" karya kreatif Vs Etnografi, lihat kaos "I Love Bali, I Love Papua, dan lain-lain.

    Dari ulasan cerdas ini bagian ini yang paling saya suka de, Hal kecil yang tanpa kita sadari diperhatikan orang. reflektif sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hitam terkesan netral ya Kaka Guru. Jadi dipadukan dengan apapun jadi cocok. Kalau hitam memang perlu bahan yang nyaman karena hitam bisa mengerap panas dan malah panas d poo kulit ya ka. Heheh

      Terima kasih utk apresiasinya selalu, Kaka Guru.

      Delete
  9. Aku suka warna putih. Jadi koleksi bajuku gak jauh2 dari warna putih. Kalo jalan2 ya pake kaos putih itu aja pake celana putih ato jeans putih. haha. Kaosnya bahannya tipis, jadi pas utk jalan2 di cuaca panas. Kalo keringetan ya gampang keringnya kena angin. I'm a bit weird haha putih2 ke mana kayak orang mau upacara bendera hari senin. Haha.. yaaa🙃

    ReplyDelete
    Replies
    1. A bit weird but niceeee heheeh... Fashion yang unik dan berkarakter itu berarti Kak.

      Delete

Silakan tinggalkan jejak di sini :)

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates