Si Manis dan Lembut Bluder Cokro Madiun

Bertepatan dengan acara resepsi pernikahan sahabat saya di Madiun, Jawa Timur, sebelum saya pulang kembali ke Jember, saya dan beberapa teman mampir ke toko roti oleh-oleh Madiun. Roti ini cukup terkenal. Roti Bluder Cokro namanya. Katanya sih enak. Saya belum pernah coba sebelumnya. Berhubung teman saya mengajak beli, jadilah beli juga.

Bluder adalah roti cita rasa klasik yang bertekstur lembut dan berserat saat disobek yang merupakan perpaduan antara cake dan roti, dan menurut sejarah yang beredar, sudah berkembang sejak masa kolonial Belanda. 

Kalau bicara soal bluder, mengingatkan saya pada masa kecil. Namun bluder yang saya kenal saat masa kecil dulu adalah bluder tanpa rasa yang dijual di toko-toko dengan harga murah tanpa toping dan tidak terlalu lembut, namun cocok sekali digunakan untuk teman minum teh.


Bluder Cokro
foto via cokrogroup.com

Bluder Cokro sendiri merupakan bluder khas Madiun yang memiliki rasa manis lembut, berwarna kekuningan, serta teksturnya berserat namun sedikit berminyak. Bluder kini sudah dikreasikan dengan berbagai rasa untuk menjamu minat para konsumen. Tidak hanya rasa original, tersedia pula toping nanas, kismis, cokelat, abon sapi, dan lain-lain yang menggunggah selera.

Saat melihat bangunan toko ini dari luar, sepertinya memang ramai pembeli yang berburu oleh-oleh roti bluder ini. Mengingat roti ini konon sejak jaman Belanda, bangunannya pun nampak modern dengan gaya bangunan Belanda. Sama halnya dengan roti Holland. Ah, sayangnya saya tidak mengambil gambarnya dengan utuh ke atas, mengingat dari mana pun posisi mengambil gambarnya, tetap saja ramai (dan terburu-buru karena hujan).


gedung bluder cokro madiun yang nampak seperti bangunan belanda
gedung bluder cokro madiun

Masuk ke area dalam nampaklah roti-roti terpajang di etalase terbuka. Dengan suasana hangat warna kuning keoranyean khas toko-toko roti dan kafe, memanjakan mata serasa ingin memborong roti-roti itu. Sayang, musti hemat beb, buat ongkos pulang.




foto via Pradhipta E. on google maps

Roti Bluder Cokro bisa kita beli dengan harga mulai dari Rp9.000 saja. Beberapa bluder yang spesial dengan toping Abon dan daging, harganya juga lebih mahal. Berikut ini daftar harga Bluder Cokro Madiun 2018 - 2019 (hingga artikel ini ditulis).

Harga roti bluder cokro Madiun tahun 2019
harga bluder cokro 2018 -2019 beserta variannya


Rp9.000,- untuk bluder satuan dengan rasa:

Original, Cokelat, Keju, Kacang, Kismis, Cokelat Susu, Cokelat Kacang, Nanas, Strawberry, Green Tea, Tiramisu, dan Gold Cheese.

Rp11.000,- untuk bluder satuan dengan rasa:

Abon Ayam, Abon Sapi, Ovomaltine, dan Smoked Beef.

Pembeli bisa mendapatkan kemasan kardus apabila membeli minimal sepuluh rasa. Karena kemarin saya hanya beli lima rasa, saya hanya dapat kemasan menggunakan tas kardus tanpa ada kotak kemasan khususnya. Tapi memang kemasannya oke, sih.

Selain bluder, juga tersedia bluder sobek, bluder kasur, spiku, brem, bagelen, keripik, sambal pecel, dan lain-lain yang dikemas dengan kemasan yang higienis dan rapih.



Karena saya suka kismis, saya ambil kismis dua buah. Sisanya smoked beef, original, dan nanas. Rasanya sangat lembut. Seperti perpaduan antara roti dengan cake. Yang original pun masih manis, tanpa toping apa pun tetap enak dinikmati dan mengenyangkan.

Inilah penampakan kismis di dalam bluder rasa kismis tersebut. Kismisnya nggak pelit. Isinya cukup banyak.





tekstur dan sobekan roti bluder cokro isi kismis


Sebagai penutup, saya pasang selfie, ya. Hihihi. Generasi yang suka foto-foto kalau ada tempat bagus mah jadinya begini. Bagus dikit, cekrek. Keep calm and eat bluder.

Kalau teman-teman, sudah pernah coba bluder ini, bagaimana rasa dan pengalamannya? Atau bisa jadikan referensi kalau nanti main-main ke Madiun, Jawa Timur, bisa dicoba. Selamat berakhir pekan.

Keep calm and eat bluder

BLUDER COKRO MADIUN

Lokasi:
Jl. Hayam Wuruk No.51-53, Manguharjo, Mangu Harjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63133
Jam Buka:
Setiap Hari, Pukul 07.00-22.00 WIB
Telepon:
(0351) 454540
Ket: Bluder Cokro juga memiliki outlet di beberapa daerah lain.

6 comments :

  1. menurut saya Si Manis dan Lembut itu bukan Bluder Cokro Madiunnya ...tetapi dik Adminya ......ngertikan maksud saya.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh ngerti sekali kalau itu. Bisa saja kakak ini. Huhuhu

      Delete
    2. Bluder Cokro Madiun sepertinya menu yang wajib dinikmati, pasalnya tidak semua menu menu yang ada di tempat lain memiliki cita rasa yang khas seperti Bluder Cokro Madiun...iya kan ,,,?

      Delete
    3. Ya Kak, cita rasanya khas syekali.

      Delete
  2. Dilihat dari tampilannya Roti Bluder Cokro kelihatan menggoda selera sekali mbak apalagi dgn banyak pilihan topping dan rasa jadi semakin memuaskan konsumen....
    Yg difoto itu kismisnya banyak sekali mbak pasti enak sekali tuh....mmm jadi ngiler nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kismisnya lumayan mas. Kalau main ke madiun jangan lupa cobain hehe

      Delete

Silakan tinggalkan jejak di sini :)

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates