Ayam Calabay Jember, Favorit Mahasiswa, Enak dan Murah

Banyak kuliner nikmat di kota Jember, tetapi jika saya bahas satu per satu rasanya belum kuat. Belum kuat kalau harus selalu cobain makanan baru. Bagi saya, anak kost, yang penting bisa makan dengan murah meriah dan berkelanjutan. Hehe.

Salah satu kuliner kampus Jember adalah ayam calabay. Ayam calabay ini berupa lalapan ayam yang digeprek penyet dengan sambal khas calabay. Saya tak tahu apa itu arti calabay sebenarnya, tetapi ini makanan favorit saya kalau sudah di kost.

Nasi lalapan ayam goreng waroeng calabay jember


Dengan harga 12K sudah dapat satu kotak nasi lalapan ayam plus es teh.

REVIEW DAN RASA

Nasinya pulen, cukup banyak, dan disajikan panas. Anak kost banget, kan!

Lalapannya berupa irisan mentimun dan daun kemangi.

Ayamnya empuk. Meski tidak cukup banyak, yah namanya juga murah meriah, rasanya itu ngangenin. Sebelum disajikan, potongan ayam tersebut digeprek terlebih dahulu. Saking empuknya, tulangnya pun kadang ikut mudah ambyar. Lumayan kalau benar-benar lapar.

Yang paling khas, sambalnya. Berupa sambal ijo yang nikmat dan gurih. Jika ingin menguji rasa pedasmu, bisa tambah sambal merah (sambal plecing) yang lumayan pedas. Bagi saya, seandainya makan dengan nasi plus sambalnya saja, sudah cukup nikmat. Sambalnya enak!

Soal penyajian, bisa dimakan di tempat atau bisa dibawa pulang (take away). Kalau sedang terburu-buru dan lapar, beli di sini saja. Penyajian cepat nggak pakai lama. Saya biasanya bungkus bawa pulang dan makan di kostan. Nggak pakai lama, karena es tehnya pun sudah siap di gelas plastik dan tinggal ambil.

Dulu harga promonya masih 10K, namun karena laris dan seiring waktu jadi 12K untuk paket nasi lalapan plus es tehnya. Yang paling banyak beli tentu saja mahasiswa-mahasiswi. Hehe. Warung Calabay ini cukup baik perkembangannya saya rasa. Memang ya, rasa nggak pernah bohong, seperti iklan kecap itu.

HARGA MENU PAKET AYAM CALABAY JEMBER 2019

Paket 1 (Harga 12K) = Nasi Ayam Penyet Lalapan + Sambal Ijo / Sambal Plecing + Es Teh
Paket 2 (Harga 17K) = Nasi Ayam potong goreng lalapan + Sambal ijo / plecing + Es teh
Paket 3 (Harga 20K) = Nasi ayam kampung goreng lalapan + Sambal ijo / Sambal plecing
Paket 4 (Harga 23K) = Nasi bebek goreng lalapan + Sambal ijo / sambal plecing
Paket Hemat (8K) = Nasi + Ayam goreng + Lalapan + Sambal
Paket Sayap Goreng (isi 3) + Lalapan + Sambal = 12K

Catatan: ini adalah harga saat artikel ini ditulis. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Jam buka:
Senin - Sabtu : Pukul 08.00 - 22.00
Minggu: Pukul 15.00-22.00
Nomor telepon: 0812-4976-2900

ALAMAT WAROENG AYAM CALABAY JEMBER

Jalan Jawa, Jember, sebelah baratnya SMA negeri 2 Jember pas (1). Jalan Karimata, Jember, sebelah selatannya Geprek Bensu Jember (2).

Saat artikel ini ditulis, ada dua lokasi waroeng calabay ini. Satu di jalan Jawa, dekat kampus Universitas Jember. Satu lagi di jalan Karimata, dekat kampus Universitas Muhammadiyah Jember. Selain dekat kampus, tempat makannya juga bersih dan cukup luas. Rekomen buat acara makan bareng atau bisa jadi pilihan tempat bukber di Jember yang murah.

Tertarik untuk mencoba? 

19 comments :

  1. Keliatannya enak & murmer ya, 12K udah kenyang + minum pula

    ReplyDelete
  2. 12 K murah meriah tuh. Sambelnya bikin ngiler hehehe


    btw, kata calabay di kampung saya artinya negatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, artinya jd negatif ya di sana bang day

      Delete
  3. Ya ampun 12 ribu dapet ayam. Di Jakarta mana dapet. Bisa gak sih itu warungnya dipindah depan rumah gw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, di tunggu ya mas riza! Haha

      Delete
  4. Waaahhhh terjangkau banget harganya 12k. hihihi, saya paling suka menu-menu ayam, apapun yang pakai material ayam dijamin enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat terjangkau kak, enak sudah pasti hihi

      Delete
  5. Mantap sekali mbak Ajeng, 12K bisa makan enak. Kalau saya nambah lalapan dan sambelnya, apalagi ada daun kemangi favorit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah kita sama mas aris, *tosss! Hehe

      Delete
  6. *kucek-kucek mata
    Wagela, 8ribu udah bisa makan nasi+ayam. Ya Allah, ini surga dunia bgt ☺️
    Paling mahal 20ribu. Mantab bukan main ini sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! Kak Ran tak salah lihat. Hehe

      Delete
  7. Sambelnya menggoda, sambel ijo memang paling fave buat saya selain sambel bawang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi dikasih mecin aduh :D enak

      Delete
  8. mantap , jadi laperr

    ReplyDelete
  9. Ya Allah murah meriah dan menggoda, memang kalau warung makan ayam gini yang bikin spesial itu sambalnya.

    ReplyDelete
  10. toss, sesama anak kost emang yaa jadi kesenangan tersendiri kalau nemu makanan yang murah, enak pula!
    setauku namanya ayam geprek doank, eh kok ada tambahan calabay nya yak wkwk macam kayak makanan capjay jadinya, wkwk..

    ReplyDelete
  11. Kalau ada sambalnya mah makan apapun tetap gasss, sambal harus ada pokoknya wueheheh

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini :)

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates